Tangkap Isinya, Bukan Basa-basinya

Jika Anda mendengarkan sebuah pembicaraan, abaikan basa-basinya, dan tangkap kata kuncinya, key words, key ideas, key concepts, key phrases..

Jika Anda sudah berhasil menangkap hal-hal kunci, selanjutnya terserah Anda mau ngantuk atau bahkan tertidur.. Itulah seni mendengar yang diajarkan Gus Dur.

Orang-orang (terutama para pengikut pengagumnya) menyimpulkan beliau memiliki ilmu Ladunni. Padahal itu karena beliau telah memiliki Learning Skill, yg jarang dimiliki kebanyakan orang..

Jika Anda mengerti dan menguasai Learning Skill, apalagi dengan hebat, Anda pun bisa seperti Gus Dur –sekalipun mungkin takkan seorang pun yang akan menyebut Anda seorang “wali”. Sebab penyebutan tsb mensyaratkan adanya lingkungan dan komunitas yang relevan.

Sejenius-jeniusnya Albert Einstein atau Stephen Hawking, tidak ada yang menyebut keduanya memiliki ilmu ladunni, apalagi menyebut keduanya wali..

Tapi bukan itu tujuan Anda menguasai Learning Skill. Anda perlu menguasainya karena excellent learning skill can elevate your achievement, broaden your life…

11 April 2015

Ashoff Murtadha

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.