Mengelola Keindahan Jabar

Jawa Barat itu indah, sangat indah. Sejak awal ia diciptakan Tuhan dalam keindahan. Indah alamnya, indah budayanya, indah manusianya.

Namun keindahan yang dianugerahkan oleh-Nya kepada kita itu bisa berubah buruk, jika kita tidak menjaganya, melestarikannya, mengelola dan menatanya.

Jika alam tidak dijaga, jika gunung tidak dirawat, jika sungai tidak dikelola, jika air tidak disayangi, jika pesawahan tidak dicintai, jika pemukiman tidak ditata, maka keindahan ini bukan hanya berubah keburukan. Tetapi bahkan bisa berubah menjadi bencana.

Bencana itu dimulai dari gunung gundul. Dampaknya, sungai akan mengering, pesawahan tandus, dan alam menjadi tidak bersahabat. Fasilitas alam akan habis. Dan ujungnya, kehidupan manusia menjadi sulit. Lebih dari itu, bahkan banjir dan kekeringan akan datang silih berganti. Karena alam tidak harmoni, bencana kemanusiaan terjadi.

Kerusakan di muka bumi adalah akibat ulah tangan manusia. Maka untuk menjaga dan melestarikannya diperlukan pikiran dan tangan manusia pula.

Kita ingin alam ini dijaga dan dikelola. Kita ingin keindahannya terjaga, makin enak dipandang mata, dan memberikan dampak kebaikan dan kesejahteraan bagi kemanusiaan.

Kita ingin Jawa Barat tetap indah, dan makin menawan. Indah di atasnya, indah di bawahnya. Indah langitnya, gunungnya, sungainya, sawahnya, manusianya, dan budayanya.

Kita harus urus kembali alam kita. Kita harus tata kembali desa dan kota kita. Agar rakyat mulia dan sejahtera.

Ngurus lembur, nata kota, rahayat mulya. Sajajar di tatar Jabar.

Jabar yang indah alamnya, indah manusianya, indah budayanya, indah kesejahteraannya, indah kehidupannya. Gemah ripah low jinawi, tata tentrem kartarahaja…

Inilah Jabar yang kita harapkan, surga bagi kemanusiaan dan kehidupan… Mewujudkannya adalah manifestasi kesyukuran…

Bismillah, bersama kita menuju ke sana…! Kita butuh kepemimpinan yang memiliki visi ini untuk mewujudkannya.

— Gambar-gambar di atas ini bukan berasal dari Jawa Barat. Tapi gambar ini sangat menginspirasi kita untuk bisa mengelola dan menata keindahan Jabar lebih menawan. Karena Jabar adalah surganya keindahan. Kita bisa menghadirkannya di negeri yang serba indah ini… Jika di sana bisa, di sini kita juga bisa…

Bandung, 27 Maret 2018

Bagea

Mahya Lengka

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.