Masa Depan Itu Future

Dalam bahasa Inggris, masa depan disebut FUTURE. Terdiri dari 6 enam huruf. Seperti apakah kondisi dan tantangan masa depan? Keenam huruf dalam kata FUTURE itu menggambarkannya.

Saya tuliskan sedikit saja, seperti menurut penulis buku The Future of almost Everything ini, Patrick Dixon. Katanya, masa depan adalah FUTURE, yang artinya sebagai berikut:

1. Fast, cepat. Serba cepat, harus cepat. Semuanya bergerak cepat. Tantangan dan tuntutan masa depan adalah kecepatan.

2. Urban, urbanisasi. Terjadi perpindahan manusia dari desa ke kota, ke pusat-pusat ekonomi dan pertumbuhan. Mengapa orang-orang desa berpindah ke kota? Karena kota menyediakan pertumbuhan, pekerjaan, peluang dan kesempatan.

3. Tribe. Menguatnya komunitas, baik skala kecil maupun besar. Tribe di sini tidak hanya dipahami sebagai suku, tetapi entitas kelompok atau komunitas atau organisasi kemasyarakatan. Organisasi entitas bukan hanya menyatukan sekelompok orang, tetapi juga membuka peluang.

4. Universal. Tema-tema universal akan mengemuka dan menarik. Semisal tentang keadilan, kesejahteraan, kesamaan, dan kemanusian, atau sejenisnya. Orang-orang akan lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat universal. Perbedaan personal atau tribal tetap ada dan menjadi ciri khas, tetapi interaksi sosial lebih mengedepankan isu-isu yang bersifat universal.

5. Revolutionary, revolusioner. Masa depan menghendaki hal yang luar biasa, bukan hal yang biasa-biasa saja. Bukan mediocre (sedang-sedang saja), apalagi di bawah standar. Standar kualitas akan dilihat dari segi revolusioneritasnya. Hal-hal yang biasa-biasa saja tidak menarik, karenanya akan ditinggalkan.

6. Ethic. Dunia akan semakin etis. Hal-hal etis akan lebih mengedepan sekalipun manusia memiliki banyak perbedaan dalam berbagai hal. Etika akan lebih dihargai umat manusia ketimbang bawaan-bawaan primordial. Etika (moral, akhlak) akan menjadi pengikat semua perbedaan. Orang berakhlak akan lebih dihargai, apa pun perbedaannya. Etika akan menjadi nilai bagi seseorang. Dan ia akan dinilai dari akhlaknya.

***

Bandung, 8 September 2018

Ashoff Murtadha

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.