Keunggulan adalah Hak Semua Orang

Ashoff Murtadha
Direktur Studi Islam Bandung

Sebagaimana mereka bisa salah, kita juga bisa salah. Sebagaimana kita mungkin benar, mereka juga mungkin benar. Kesalahan dan kebenaran bukan mutlak mengenai seseorang secara pasti.

Keunggulan akhlak tidak hanya dimiliki oleh sebuah kelompok atau golongan, bahkan sebuah generasi. Keunggulan akhlak bisa dimiliki kelompok mana saja, generasi mana saja. Asal, mereka menerapkan dan meneladankan keagungan akhlak dan perilaku.

Kecerdasan bukan jaminan pasti dimiliki oleh sebuah etnis atau penganut agama tertentu. Sebab kecerdasan bisa diraih oleh siapa saja, dari etnis dan penganut agama mana pun, asal memenuhi persyaratannya.

Kekayaan juga bukan hak eksklusif milik kelompok atau etnis, atau penganut agama tertentu. Kekayaan hanya akan diraih oleh mereka yang menepati syarat-syaratnya.

Di satu sisi, sebuah ajaran dan konsep bisa saja luhur dan hebat. Namun, di sisi lain, ia belum tentu diwujudkan dan diterapkan oleh penganut ajaran tersebut. Dan bagi peraih keunggulan, mereka bisa saja mewujudkan konsep dan ajaran hebat mana pun, sekalipun mereka secara formal bukan penganut konsep atau ajaran tersebut.

Keunggulan hanya bisa dicapai oleh orang yang berusaha meraih dan mewujudkannya. Dari suku mana pun, bangsa mana pun, agama mana pun.

Dan jika kita memiliki konsep dan ajaran yang agung, maka sekadar klaim bukanlah keagungan, sekalipun kita meneriakkannya hingga ke langit tujuh. Kalau kita ingin memilikinya, berarti harus membuktikannya. Dan itu akan terlihat oleh langit dan bumi, sekalipun kita tidak mendeklarasikannya dengan teriakan.

Perlombaan meraih keunggulan bisa diikuti oleh semua orang. Dengan sistem dan aturan yang dibuat oleh keunggulan itu, yang disepakati. Bukan aturan yang diotak-atik seenaknya sendiri.

Maka berlombalah dengan fair… Dan buktikan bahwa keunggulan itu pantas diraih. Dengan kehormatan, bukan dengan sumpah kutukan atau kerasnya teriakan..!

7 Pebruari 2017

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.