Jangan Asal Mangap, Tong Padu Calangap

gonusa.com //– Kualitas dan nilai seseorang itu tersembunyi di bawah lidahnya. Lidah bisa memperlihatkan kecerdasan dan kebodohan, kebeningan dan kekeruhan, juga kearifan dan kebedegongan.

Maka pertimbangkanlah setiap kata yang hendak diucapkan. Acukan pembicaraan pada akal dan hati, pada ilmu dan nurani. Jangan asal bunyi, atau asmuni, asal muni.

Apalagi orang-orang yang menjadi sorotan publik. Setiap kata harus benar dan bernilai. Jangan sampai berbicara salah, lalu meminta maaf. Berbicara salah lagi, dan meminta maaf lagi. Minta maafnya tidak salah. Hanya saja, berkali-kali berbicara salah itu yang menjadi masalah. Seakan-akan pengucapnya tidak memiliki kendali diri, atau tidak tahu sesuatu yang seharusnya diketahui.

Berbicara itu memang hak semua orang. Menyatakan pendapat itu hak siapa saja. Tetapi hak bukan untuk disalahgunakan, atau untuk membusukkan kepribadian. Apalagi untuk menakut-nakuti orang, atau membuat orang waras jadi hilang ingatan.

Tentang pentingnya memperhatikan tindakan, termasuk juga ucapan, dalam ajaran Urang Sunda ada ungkapan bagus berikut ini:

“Sing asak nya ngejo, bisi tutung tambagana. Sing asak nya nenjo, bisi kaduhung jagana.”

Berbicara bukan sekadar agar dikenal. Berbicara juga menjadi media untuk berbagi informasi, berkomunikasi dan mendidik. Jika pembicaraan yang keluar dari lisan seringkali berupa dusta dan hoaks, maka ia hanya akan merusak.

Penting melatih dan membiasakan lisan memproduksi kalimat yang benar dan baik, juga bermanfaat. Jangan asal mangap, ulah padu calangap. Takut ada lalat.

Dan ini sama saja dengan tulisan. Menulis benar dan baik juga perlu dibiasakan. Agar tulisan tidak asal, tidak sembarangan. Karena pada zman ini, tulisan yang diviralkan lebih cepat dari kata-kata yang diucapkan.

Jangan asal mangap, tong padu calangap. Tong jadi genderuwo, atau buto ijo. Tong sontoloyo, komo deui bodo katotoloyo.

Manusia perlu melesat, tapi dengan cara yang bermartabat….

Sampurasun….

Bandung, 14 Nopember 2018

Bagea

Mahya Lengka

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.