Iriana, Ibu Negara yang Sederhana

Ini Ibu Negara. Dari sebuah negeri terbesar kelima di dunia. Sederhana, seorang perempuan yang apa adanya, seorang nenek yang menyayangi cucunya.

Lihat pakaiannya, seperti ibu-ibu kebanyakan yang kita temui di sekitar pemukiman kita. Lihat kemben yang melingkar di tubuhnya untuk menggendong cucunya. Kemben ini menunjukkan cara tradisional para perempuan menggendong bayi. Zaman ini, sudah banyak perempuan yang meninggalkan kemben untuk menggendong bayi.

Lihat roman muka dan tatapannya. Aura desa sangat terpancar dari wajah dan gestur Ibu Negara ini.

Di tengah kehidupan glamour, dan impian para perempuan yang menginginkan kemewahan, Ibu Iriana adalah paradoks. Bukan karena ia atau suaminya yang Presiden itu tidak mampu mendandani dirinya sebagaimana para wanita pada umumnya. Tetapi inilah kebiasaan hidup sederhana yang sudah menyatu dalam cara pandang dan kehidupan Iriana.

Apa yang bisa kita teladani dari Presiden Jokowi adalah bukan saja sosok pribadinya, tetapi juga isteri dan anak-anaknya. Mereka semua bersatu dan seirama dalam kehidupan yang sederhana.

Tidak mudah menemukan kesederhanaan dari keluarga pemimpin, apalagi setingkat presiden. Dan keluarga Jokowi menunjukkannya apa adanya.

Bangga memiliki ibu negara yang sederhana seperti Ibu Iriana.

Bandung, 18 Pebruari 2019

Mahya Lengka

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.