# 47: Sabar akan Menguatkanmu, Syukur akan Meninggikanmu

Seorang Mukmin adalah pribadi yang berjiwa besar, selalu menjadi pemenang atas hidup yang ia jalani. Ia selalu bersyukur atas apa yang ia terima, dan bersabar atas apa yang tidak ia nikmati. Ia selalu menjadi pengendali atas apa yang dianugerahkan, dan apa yang ditimpakan.

Syukur dan sabar adalah dua bagian iman. Keduanya adalah kembaran yang saling menyempurnakan. Keimanan akan sempurna ketika keduanya ada. Iman akan cacat ketika salah satunya hilang. Dan iman lenyap ketika keduanya pergi dari seseorang.  “Iman ada dua bagian: setengah ada dalam syukur, dan setengah lagi ada dalam sabar” (Nabi Saw)..

Namun syukur seorang Mukmin lebih mengemuka ketimbang kesabarannya. Ketika kesulitan ia rasakan, ia bersabar tetapi ia lebih bersyukur atas kondisi tersebut. Karena baginya kesulitan adalah nikmat yang dianugerahkan dengan cara berbeda, yang juga harus disyukuri. Bersabar itu berderajat tinggi. Namun bersyukur atas sesuatu yang disabari kerapkali berderajat lebih tinggi lagi.

“Kerapkali seorang yang bisa makan dengan penuh syukur, lebih tinggi derajatnya ketimbang seorang berpuasa yang bersabar” (Nabi Saw).

Bersabar itu sulit dan berat. Tetapi bersyukur bisa lebih berat lagi. Ketika seorang ditimpa kesulitan, ia hanya punya pilihan untuk bersabar. Namun ketika dianugerahi nikmat, tidak sembarang orang bisa mensyukurinya. Setiap orang cenderung lalai. Nikmat yang sedikit disesali, nikmat yang banyak tidak disyukuri. “Hanya sedikit dari hamba-Ku yang pandai bersyukur” (QS Saba, 34:13)

Itulah sebabnya nilai syukur bisa lebih tinggi dari pada sabar. Sabar akan membuat seseorang ditemani Tuhan (sesungguhnya Allah bersama orang-orang sabar). Tetapi syukur akan membuatnya makin dekat dengan-Nya.

Maka, bersabar, sekaligus bersyukur. Sebab selalu ada nikmat yang DIA simpan dalam setiap kesulitan yang harus disabari.

Sabar akan menguatkanmu, sedangkan syukur akan meninggikanmu. Sabar akan membuatmu berteman Tuhan, sedangkan syukur akan membuatmu dan DIA lebih dekat …. Sungguh tidak ada kekasih yang menolak harapan pecintanya…


untuk menu utama, klik di sini

Bandung, 30 Agustus 2010

Ashoff Murtadha

News Reporter
Penulis

1 thought on “# 47: Sabar akan Menguatkanmu, Syukur akan Meninggikanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.