Gagasan Hebat, Orasi Hebat, Kerja Hebat, Itulah Kang Dedi

gonusa.com //– Saya terkesan dengan sosok ini sejak pertama mengenalnya lewat medsos dan videonya pada akhir tahun 2015. Sekalipun sebelumnya saya sempat terkesan dengan sosok lain yang dianggap baik oleh publik, namun setelah mengenali lebih jauh Kang Dedi, saya simpulkan Kang Dedi lebih unggul daripada banyak figur lain, dalam banyak hal penting dan mendasar.

Dalam gagasan dan inovasi misalnya, Kang Dedi Mulyadi (KDM) memiliki genuinitas yang menyentakkan kesadaran. Sekalipun digali dari nilai-nilai dan budaya yang hidup dalam masyarakat, namun kemampuannya mengangkat sesuatu ke dalam kebijakan yang dimasyarakatkan, memiliki kekhasan yang membedakan. Bagi masyarakat, dampak positifnya sangat terasa.

Ada banyak gagasan dan inovasi yang telah diwujudkan oleh KDM di daerahnya, baik yang bersifat fisikal maupun non-fisikal. Sekadar untuk menyebutkan contoh, cukuplah kita sebut Taman Air Mancur Sri Baduga yang terbesar ae-Asia Tenggara, dan Hotel Gantung di Tebing Gunung (Gunung Parang), pertama di Asia dan menjadi tertinggi di dunia (di atas Peru).

Dalam membangun mindset masyarakat, KDM telah melakukan banyak hal yang menggugah dsn menginspirasi kesadaran publik dan sosial. Misalnya tentang narasi desa dan budaya, kesadaran kosmologis dan lingkungan, membumikan keislaman secara kultural, dan lain sebagainya. Sebagai pemimpin, gagasan KDM hebat dan menjadi trendsetter, juga opinion maker.

Simaklah beberapa orasinya dalam berbagai kesempatan dan banyak tersimpan dalam video, termasuk di Youtube dan Facebook. Selain sebagai seorang humoris, menghibur dan diselingi canda, namun kita banyak menemukannya berbicara seperti seorang orator yang membakar semangat. Kata-katanya magis, motivatif, diksinya mengandung makna yang dalam, juga menggerakkan.

Dulu KDM memang pernah jadi aktivis mahasiswa dan demonstran yang membakar semangat orang. Ditambah penghayatan dan pengalamannya sebagai pemimpin, ia adalah satu dari sedikit figur di Indonesia yang memiliki kemampuan orasi yang hebat memukau. Jika Anda belum tahu, lihatlah banyak videonya yang relevan.

Dan di atas itu semua, ia bukan seorang teoritisi akademis. Juga bukan seorang orator yang hanya pintar berbicara dan membakar semangat. Tetapi ia adalah seorang eksekutor bagi gagasan dan orasinya. Ia seorang pekerja keras dengan karya yang hebat. Ia berhasil mewujudkan inovasinya secara riil hingga dirasakan bermanfaat besar bagi rakyat.

Tidak cukup ruang jika disebutkan di sini satu per satu. Hanya yang jelas, publik sudah melihat dan merasakan langsung legacy kepimpinannya yang riil dan kini menginspirasi banyak orang.

Tentu masih banyak yang belum ia wujudkan, atau perlu penyempurnaan. Tetapi apa yang sudah ia lakukan hingga hari ini sudah cukup memberi keyakinan kepada masyarakat, bahwa sesuatu yang dianggap mustahil itu menjadi mungkin jika serius diwujudkan. Dan inspirasi seorang pemimpin sangat penting untuk membangun keyakinan mereka.

Itulah Dedi Mulyadi yang saya kenal. Sosok pemimpin yang memiliki gagasan hebat, orasi hebat, dan kerja hebat.

Sampurasun…

Bandung, 7 Januari 2018

Bagea

Mahya Lengka

News Reporter
Penulis

Leave a Reply

close