# 16 : Informasi Pendaftaran Pondok Modern Gontor

Masjid Gontor 2

Apakah Anda ingin belajar “nyantri” atau kuliah di Pondok Modern Gontor Darussalam? Atau, mungkin Anda ingin memasukkan putera-puteri, saudara, keluarga, kerabat, anak tetangga, atau siapa pun ke PM Gontor yang terkenal itu? Baca informasinya di sini.

Namun sebelumnya Anda perlu tahu dulu tentang hal berikut ini:

Pertama, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) –yang berpusat di Ponorogo Jawa Timur itu– menyelenggarakan dua jenjang pendidikan, yakni pendidikan tingkat menengah dan pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Untuk tingkat menengah, PMDG menyelenggarakan KMI, yakni Kulliyyatul Mu`allimin al-Islamiyyah (untuk putera) dan Kulliyyatul Mu`allimat al-Islamiyyah (untuk puteri). KMI adalah program pendidikan menengah setara SLTP dan SLTA. Ditempuh selama 6 tahun –bagi lulusan SD-MI sederajat– atau selama 4 tahun –bagi lulusan SLTP ke atas, itu pun setelah mereka lulus testing program 4 tahun. Program 4 tahun disebut dengan Program Intensif (Taktsifi) –sebelumnya selema beberapa dekade disebut dengan Program Eksperimen (Tajribi).

Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi, PMDG menyelenggarakan pendididikan S1 dengan nama lembaga Institut Studi Islam Darussalam, disingkat ISID.

Kedua, dulunya PMDG hanya berlokasi di Desa Gontor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Hanya ada satu Gontor. Dan baru menyelenggarakan pendidikan untuk para santri putera. Pada tahun 1989-1990 barulah PMDG menyelenggarakan pendidikan KMI untuk para santri puteri, di Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur –saya masih ingat, pondok puteri ini didirikan saat saya menginjak kelas 5 KMI, dan sempat melihatnya saat saya kelas 6 ketika menjadi pengurus Koperasi Pelajar OPPM.

Kini, hingga tulisan ini ditulis, PMDG memiliki banyak cabang –dengan nama Gontor sendiri (artinya, bukan ponpes milik para alumninya).  Gontor Puteri  terdiri dari 5 cabang di 5 tempat. Sedangkan Gontor Putera terdiri dari 11 cabang di 11 tempat.

Ketiga, kalau Anda hendak mendaftarkan putera-puteri Anda ke Gontor, maka untuk saat ini datanglah ke PM Gontor 2. Untuk putera, datanglah ke PM Gontor Putera 2 di Madusari Siman Ponorogo;  dan untuk puteri, datanglah ke PM Gontor Puteri 2 di Mantingan Ngawi Jawa Timur. Jadi, sekalipun nanti putera-puteri Anda ditempatkan di Gontor 1, atau 3 atau lainnya, pendaftarannya tetap di Gontor 2. Pihak manajemen Gontor-lah yang kelak menempatkan putera-puteri Anda di Gontor berapa dan di mana.

Namun itu jika Anda mendaftarkannya sebelum bulan Ramadhan (yakni Rajab dan Sya`ban). Tetapi jika Anda mendaftarkannya pada bulan Syawwal (setelah Idul Fitri), maka datanglah ke Gontor Putera 1 (untuk putera), dan GontorPuteri 1 (untuk puteri).

Itulah sekilas yang perlu Anda ketahui…

Selanjutnya berikut ini adalah informasi pendaftaran ke KMI Gontor (untuk informasi tentang ISID, bisa dibuka di tulisan lain…)

A. Syarat-syarat Pendaftaran KMI (putera dan puteri)

(1) Photocopy STK/STTB sebanyak 2 lembar (legalisir), (2) Photocopy Akte Kelahiran 2 lembar, (3) Photocopy KTP walisantri atau yang mewakilinya, sebanyak 1 lembar, (4) Photo 3 x 4 sebanyak 2 lembar dan 4 x 6 sebanyak 4 lembar, (5) uang pendaftaran dan biaya yang telah ditentukan.

B. Syarat-syarat Penerimaan

(1) Berijazah SD atau MI atau yang sederajat untuk masuk kelas reguler, dan berijazah SLTP/MTs atau yang sederajat untuk masuk kelas intensif, (2) dapat mengerjakan ibadah harian, membaca Al-Quran, membaca dan menulis Arab.

C. Waktu Pendaftaran

(1) Gelombang Pertama, mulai Mei setiap tahun di kampus Gontor Putera 2 dan Gontor Puteri 2, (2) Gelombang Kedua, untuk KMI Gontor Putera tanggal 2 – 10 Syawwal di Kampus Gontor Putera 1. Sedangkan untuk KMI Gontor Puteri tanggal 2 – 20 Syawwal di Kampus Gontor Puteri 1.

D. Ujian Masuk

KMI Gontor Putera: Ujian Lisan tanggal 2 – 10 Syawwal, dan Ujian Tulis tanggal 11 Syawwal

KMI Gontor Puteri: Ujian Lisan tanggal 2 – 20 Syawwal, dan Ujian Tulis tanggal 21 Syawwal.

E. Materi Ujian Masuk KMI

1. Lisan: (a) psyco-test, baca (b) Al-Quran, (c) tajwid, (d) ibadah qauliyah dan amaliyah, (e) imla` (dikte Arab)

2. Tulis: (a) imla, (b) bahasa Indonesia, (c) berhiting soal, dan (d) berhitung angka

F. Pembiayaan Siswa Baru KMI Gontor Putera dan Puteri

1. Uang pangkal : Rp 1.500.000

2. SPP, makan, iuran, kesehatan : Rp 1.570.000 (sudah termasuk SPP dan biaya makan untuk satu bulan pertama)

SPP dan biaya makan per bulan : Rp 360.000

(Sumber dari Majalah Gontorr Edisi Juni 2010)

Jika Anda ingin bahasa Arab dengan mudah, Mudah Belajar dan Mudah Mengajar, ada kabar gembira dari Arab Mudah Center… Klik informasi dan peluangnya di sini : Arab Mudah Center

52 Responses to # 16 : Informasi Pendaftaran Pondok Modern Gontor

  1. AnangNo Gravatar says:

    Putri saya dua orang sekaligus sudah memasuki Gontor Putri 1 sejak minggu lalu. Semoga mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat di Gontor. Amiin.

    Blognya bagus Ustad//

  2. ashoffNo Gravatar says:

    Alhamdulillah… Ahlan Pak Anang…
    Insya Allah kebaikan selalu bersama kita semua…
    Dan semoga dua puteri Bapak meraih kebaikan yang terbaik dari Gontor…
    Selamat ya Pak….

  3. Ass.
    Alhamdulillah, meski sdh 7 tahun berlalu, saya tdk bisa lupa ataupun sengaja melupakan masa – masa hidup saya di Mantingan (Gontor Putri 1). Saya angkatan tahun 2000.

    Meski hanya sekitar 3 tahunan saya disana,banyak hal yg menjadi bekal. Hal yang paling mendasar yang membuat perubahan pd diri saya adalah berjilbab,-meski pekerjaan saya sekarang meski berkutat di lapangan, himar ini melekat dn melindungi kepala dr terik panas matahari.

    Entah kenapa, sejak saya tdk lagi berada di Gontor, selama beberapa tahun , saya selalu bermimpi kembali kesana,- ke kampung nan damai itu, bahkan sampai sekarang,-namun tahun-tahun terakhir ini tdk terlalu sering.

    Hal yang masih saya ingat sampai sekarang, kala itu ustad zarkasyi pernah mengatakan,kurang lebih begini:
    “Kalaupun kalian tidak lagi berada disini,di pondok ini, maka di jidat/kening kalian akan selalu tertulis Pondok MOdern Gontor, dan itu menjadi cap yang akan kalian bawa kemana saja”

  4. ashoffNo Gravatar says:

    Wa alaikum salam….

    Setiap kenangan yang baik memang tidak semestinya dilupakan…
    bahkan seharusnya menuntun langkah hidup ke depan…
    Semoga kenangan baik itu menjadi keberkahan dan kebaikan…

    Kata-kata Kyai Syukri Zarkasyi itu memang selalu disampaikan dari generasi ke generasi santri,
    di berbagai PM Gontor… Dan kata-kata itu terasa memiliki ruh yang menggerakkan, sekaligus menahan…

    Salam sukses, Mbak Nophee…

    Ashoff Murtadha

  5. DarulNo Gravatar says:

    Assalamualaikum,
    Tahun ini saya berencanakan memasukkan anak saya Ke sekolah setingkat SMP di PM Gontor.Mhn saya diberi penjelasan baik mengenai sekolahnya, program2nya serta informasi lainnya.

    Terimakasih,

    Wassalam

  6. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam…
    Ahlan Pak Darul…

    Tentang persekolahan di Gontor, jenjang pendidikan setingkat SMP dan SMA itu menjadi satu, namanya KMI (Kuliyatul Muallimin al-Islamiyah). Masa belajar KMI adalah 6 tahun, sama dengan SMP dan SMA yang jika dijumlahkan menjadi 6 tahun.

    Tes masuk KMI Gontor dibuka setiap tanggal 1 – 10 syawwal. Tes masuk pada tanggal 11 syawwal. Namun begitu, sebaiknya Bapak bisa mengikutkan putera bapak pada program intensif sebelum resmi menjadi santri. Program tersebut berlangsung kurang lebih 3 bulan, pada bulan jumadal akhir-rajab-syaban. Pada akhir program, akan diadakan ujian. Jika lulus, maka putera bapak tidak perlu ikut tes bulan syawwal. Jika belum lulus, bisa mengikuti tes lagi pada bulan syawwal.

    Pendaftaran program intensif bisa dimulai sejak anak selesai ujian di sekolah, atau dalam hitungan penanggalan, mungkin sekitar bulan Mei ini…

    Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan…

    Terima kasih…

  7. DarulNo Gravatar says:

    Terimakasih informasinya…

    Apakah nanti setelah lulus KMI bisa kuliah di universitas spt lulusan SMA pada umumnya?

    Mohon penjelasannya.

  8. pak wanNo Gravatar says:

    Terima kasih atas infromasi. Saya bercadang menghantar putri saya yang sekarang ini berumur 14 tahun. Perlukah ia mengikuti pengujian awal sebelum kemasukan dan bila tarikh kemasukan yang paling wajar dari sekarang.

  9. adminNo Gravatar says:

    jika yang bapak maksud dengan pengujian awal, adalah mengikuti masa bimbingan sebelum resmi menjadi santri, yakni kurang lebih 3 bulan sebelum ramadhan, sebenarnya tidak harus… tetapi masa bimbingan tersebut akan sangat bermanfaat, karena dengan begitu berarti puteri bapak mendapatkan ilmu, sekaligus akan menjadi lebih siap…

    jika puteri bapak lulus saat bimbingan, maka ia tidak perlu mengikuti tes masuk pada bulan syawwal… dan jika belum lulus saat bimbingan, ia bisa ikut tes masuk lagi saat bulan syawwal..

    terima kasih…

  10. adminNo Gravatar says:

    menurut yang kami ketahui, sejak beberapa tahun yang lalu, para alumni KMI Gontor sudah bisa meneruskan kuliah ke perguruan tinggi di bawah departemen agama, tanpa harus mengikuti ujian persamaan di sekolah semisal SMU atau MA…
    Namun untuk lebih jelasnya, bapak coba bisa bertanya langsung ke pihak Gontor. Bisa coba klik link http://gontor.ac.id

    terima kasih..

  11. halimNo Gravatar says:

    Assalamu’alaikum ustadz…
    wah gak nyangka ada alumni gontor yang rajin ngeblog lho…
    kunjungi juga blog saya ust… Portal Islam & Sains Populer

  12. adminNo Gravatar says:

    Wa alaikum salam… ahlan….

    Lho kok gak nyangka…? Memangnya ada kesan apa dengan alumni gontor di mata antum nih…?

    ya baik… saya langsung ke TKP…

  13. SofyaniNo Gravatar says:

    Assalamu’alaikum…ustadz.
    Saya pernah belajar di Gontor dari tahun 1981 – 1984 (kelas Expriment / Intensif), ga selesai, karena ekonomi. tapi saya bangga pernah disana dibimbing oleh para ustadz2 yg unik2 dan pernah dikasih uang oleh alm. KH.Imam Zarkasyi.

    Karena tidak sering ketemu teman2 dari Gontor, bahasa Arab saya mulai hilang…asafan jiddan.

    Nah, saya beruntung mendapatkan situs antum…saya mau belajar lagi. saya ingin belajar memahami Mutholaah (teks) yang ada audionya (mp3), ini cara belajar yang saya sukai. Dan untuk penjelasan bacaannya, saya ingin bantuan antum nantinya.

    Demikian ustadz.

    Syukron katsir.

  14. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam wr.wb..
    Ahlan Pak Sofyani… sebuah kenangan yang indah, tentunya… apalagi ada kesan yang luar biasa dengan Pak Kyai, Pak Zar… subhanallah… Semoga keberadaan kita semua, di mana pun, dan kapan pun, adalah amal saleh bagi kita semua…

    Selain sebagai ilmu, bahasa memang merupakan kebiasaan. Jika tidak dibiasakan dan digunakan, pelan tapi pasti tentu akan berkurang,atau bahkan menghilang… dan kita tidak menghendaki itu terus terjadi… itulah sebabnya kami di sini mendirikan Arab Mudah Center…

    Oh ya, Ustadz… hingga kini kami belum memproduksi media belajar semacam CD atau MP3. Kami baru menerbitkan buku ajar, khususnya Al-Muqaddimah dan sejumlah buku-ajar lanjutannya…

    Jika Antum berminat, antum bisa memesannya: informasinya bisa klik di sini http://arabmudahcenter.com/2010/10/11/al-muqaddimah-buku-ajar-arab-mudah/

    Syukran Ustadz…

    Salam ekselen…!
    Ashoff Murtadha

  15. nurizaty sabrenaNo Gravatar says:

    assalamualaikum , ,
    saya berusia 14 tahun dan berminat mengikuti pembelajaran di PM gontor . cara memasukinya bagaimana ? saya dari malaysia . .

  16. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam..
    Selamat atas minat dan rencananya… Berikut ini saya sampaika sekilas tentang KMI Gontor.

    Pendaftaran di KMI Gontor sejak 1 – 10 Syawwal tiap tahun… tetapi Gontor menyediakan sejenis program bimbingan sebelum menjadi santri, selama kurang lebih 3 bulan, pada bulan Jumadal akhir, rajab dan syaban… dan sebaiknya Nurizaty mengikuti program bimbingan ini… Pada akhir program akan diadakan tes. Jika lulus, tidak peruluu ikut tes lagi pada 11 Syawwal. Dan jika tidak lulus, masih ada waktu untuk ikut tes pada tanggal 11 syawwal itu…

    Tempatnya di Gontor Putri 2 Mantingan Ngawi Jawa Timur Indonesia… Lebih jauh tentang ini, bisa coba klik di http://gontor.ac.id

    syukran

    http://arabmudahcenter.com

  17. AmranNo Gravatar says:

    Asslm, mohon informasi apakah ada pondok pesantren gontor di Aceh untuk putri, jika ada anak saya perempuan thn ini akan tamat SD rencana akan saya masukkan ke Gontor.

  18. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam…

    sejauh yang kami ketahui, untuk pesantren puteri, Gontor belum memiliki kampusnya di Aceh…
    Lebih jelasnya, Bapak bisa klik dan lihat situs di bawah ini:

    http://gontor.ac.id/pendaftaran

    syukran

    http://arabmudahcenter.com

  19. nengNo Gravatar says:

    Asalamualaikum . . !!! Maaf mau tnya utk tahun ajaran baru 2011/2012, untuk biaya Pendaftaran PP Gontor Jawa Timur untuk santri putra tingkat SLTP, total biaya masuk nya berapa ya . . !!! trimakasih

  20. adminNo Gravatar says:

    Wa alaikum salam….

    Ahlan wa sahlan….
    Menjawab pertanyaan ibu, untuk tahun ajaran 2011 – 2012, pendaftaran dibuka sejak bulan Rajab…
    Saat kami memasukkan putra kami ke Gontor pada masa itu, kami mengeluarkan biaya total sekitar Rp 4.000.000 … Setelah itu, biaya bulanan untuk makan, pondokan-asrama, dan SPP, kurang dari Rp 400.000 sebulan…

    Ketika putra kami lulus testing, pada bulan Syawwal kami melakukan registrasi lagi… Dan saat registrasi ulang, kami membayar total pembiayaan waktu itu sekitar Rp 3.000.000… Adapun biaya bulanannya, yang mencakup (1) makan Rp 230.000 dan (2) SPP dan asrama pondok Rp 210.000… Sehingga totalnya adalah Rp 440.000 per bulan… Adapun pembiayaan untuk tahun ajaran depan (2012-2013), kami belum menerima informasinya… Tetapi sebagai gambaran, pembiayaan tahun ajaran sekarang bisa dijadikan acuan…

    Demikian yang bisa kami share-kan…

    Kalau boleh tahu, ibu di mana domisilinya…?

    Syukran…

    http://www.idenusa.com

  21. imanNo Gravatar says:

    Asalamualaikum . . !!!Ustad Maaf saya mau tanya. untuk tahun ajaran baru 2011/2012, untuk biaya Pendaftaran PM Gontor( Ngawi Jawa timur) untuk santri putri tingkat SLTP, total biaya masuk nya berapa ya !!!
    saya dari kota sukabumi – Jabar
    trimakasih

  22. adminNo Gravatar says:

    Wa alaikum salam…

    Terima kasih atas pertanyaannya pak…

    Menurut brosur yang ada pada saya, pembiayaan pendftaran (saat pertama kali masuk sebelum Ramadhan) untuk Gontor Putri tahun ajaran 2011-2012 totalnya adalah: Rp 4.198.500 …

    Uang makan sebesar Rp 200.000 per bulan
    Uang sekolah dan pondok sebesar Rp 180.000 per bulan

    Tapi menurut pengalaman kami, setelah Syawwal, pembiayaan uang makan dan uang sekolah/pondok ada kenaikan. Sebagai gambaran, untuk Gontor Putra 1, uang makan menjadi Rp 230.000 per bulan, dan uang sekolah/pondok menjadi Rp 210.000 per bulan…

    tentu saja, pembiayaan tersebut bisa berubah untuk tahun ajaran depan, 2012-2013…

    demikian yang bisa saya sampaikan…

    terima kasih…

    wassalam

  23. yeni apriyaniNo Gravatar says:

    assalamu’alaikum wr wb
    Rencana ny saya ingin masukin adek(putera) sy di pesantren gontor..mslh biaya yg ny gmn ya??

  24. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam wr.wb…

    Semoga rencana Ibu bisa terlaksana dengan baik dan lancar.. Amien..

    Tentang pembiayaan di Gontor, pertama, putera ibu, laki-laki ataukah perempuan…? Namun secara umum, pembiayaan di Gontor ada dua jenis, yakni pembiayaan awal pendaftaran dan pembiayaan bulanan…

    Untuk kedua jenis pembiayaan tersebut, jawabannya ibu bisa lihat pada balasan saya terhadap pertanyaan serupa di atas pertanyaan ibu ini…

    insya Allah, setelah saya mendapatkan informasi termutakhir, saya akan segera mengupdate informasi pembiayaan ini untuk tahun ajaran 2012-2013…

    terima kasih atas kunjungannya… dan jangan bosan untuk sering berkunjung ke blog ini…

    wassalam

  25. MisnaNo Gravatar says:

    Assalamu’alaikum….Ust, saya mau tanya..berapa batas usia masuk di PM, apakah kalo sudah S1 dan berumur 27 th sudah ga bisa…??!! mohon penjelasannya…

  26. adminNo Gravatar says:

    Wa alaikum salam… wr. wb..

    Tentang batas usia, PM Gontor menerima calon santri minimal lulusan SD/MI dan sederajat… Juga menerima lulusan SLTP/MTs sederajat dan SLTA/MA sederajat…

    Namun begitu, yang lulusan perguruan tinggi juga pernah ada yang mendaftarkan diri dan diterima oleh KMI Gontor…

    Hanya saja, baik lulusan SD, SLTP, SLTA maupun S1 (atau lebih), sejauh yang saya pernah ketahui dan alami saat dulu belajar di Gontor, mereka tetap belajar dari kelas 1 KMI lagi, digabung dengan anak-anak lulusan SD, SLTA, dan SLTA… Jadi, kalau daftarnya ke KMI, maka peraturannya sama, tidak ada perbedaan antara lulusan SD, SLTP, SLTA, S1 itu..

    Namun, mereka yang lulusan SLTP, SLTA, (juga S1) bisa mengikuti seleksi untuk mengikuti program kelas intensif, yakni belajar 4 tahun (bukan 6 tahun… KMI normalnya ditempuh 6 tahun, tetapi untuk kelas intensif bisa 4 tahun…)

    demikian yang bisa saya sampaikan…
    Semoga informasi ini bermanfaat, dan mohon maaf bila jawaban ini belum memuaskan… dan bila ada pertanyaan lain, silakan hubungi kami lagi…

    Syukran..

  27. heryNo Gravatar says:

    saya mempunyai anak seorang putri Insya Allah pada thn 2013 nanti
    akan menyelesaikan SMP dan keinginanya sangat kuat untuk menimba ilmu di Pesantren Gontor 10 di Aceh kebetulan kami tinggal di Banda Aceh. Insya Allah anak saya selalu mendapatkan rangking satu dikelasnya tapi sayang bahasa Arab dia tidak faham dan bahsa
    inggrislah yang didalaminya saat ini dan dalam satu tahun ini mungkin kami akan memasukan les tambahan bahasa Arab Insya Allah ilmunya akan bertambah. pertanyaan saya apakah pintar Bahasa Arab tulis dan baca menjadi syarat yang mutlak untuk masuk ke pesantren Gontor atas jawaban bapak saya ucapkan terimakasih

  28. adminNo Gravatar says:

    terima kasih atas kunjungan bapak ke blog ini… dan saya ucapkan selamat atas rencana belajar di Gontor pada saatnya nanti…

    Materi Test Masuk di Gontor mencakup dua hal, yakni wawancara dan ujian tulis. Saat wawancara, biasanya akan dites membaca Al-Quran, dan menulis beberapa kata dalam bahasa Arab, yang bisa saja itu bagian dari Al-Quran sendiri.. Sedangkan ujian tulis, mencakup (1) Imla (menulis dikte bahasa arab), (2) bahasa Indonesia, (3) berhitung angka, (4) berhitung soal…

    Jika putra bapak mengikuti program pembinaan di bulan Rajab hingga Syaban, maka seorang calon santri akan mendapatkan pembekalan dan pembelajaran sebelum ujian testing mulai… Makanya, sebaiknya putra bapak ikut program pembinaan selama sebelum akhir Syaban…

    Demikian pak.. Semoga jawaban singkat ini membantu…

    Salam

    Ashoff Murtadha

  29. nanaNo Gravatar says:

    assalamualaikum ustad.
    saya ingin memasukan anak saya study digontor tahun ini, saat ini dia sudah ikut ujian nasional namun belum selesai proses, akhir proses sekolah sampai perpisahan SD sekitar tanggal 25 juni 2012 1. seandainya kami mendaftar tanggal 26 juni, apakah masih memungkinkan mengikuti testing di bulan syaban?
    2. untuk penempatan siswa itu berdasarkan apa, apakah orang tua santri bisa meminta agar putra/putrinya ditempatkan di wilayah yang lebih dekat dengan tempat asalnya. terima kasih banyak wassalam

  30. zulaiqa rosyidahNo Gravatar says:

    Asslmkm… ustadz kami dari lampung, rencananya keponakan kami laki-laki ingin kami masukkan ke ponpes gontor pusat, untuk biaya total di thn 2012-2013 berapa ya…? dan pendaftaran di mulai kapan…?

  31. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam..

    selamat atas rencananya… semoga segera bisa diwujudkan…
    pendaftaran di Gontor sudah dibuka sejak syawwal tahun lalu, dan ditutup sampai sebelum testing dimulai, yakni Syaban depan ini… jadi, bulan ini Gontor sudah menerima pendaftaran calon santri baru…

    Adapun pembiayaannya, kurang lebih seperti yang ditulis di atas, hanya saja, untuk mengantisipasi kenaikannya, kita bisa mempersiapkannya lebih.. tahun lalu, total biaya yang disiapkan untuk pertama kali mendaftarkan sekitar 4 juta rupiah (sudah termasuk biaya bulan pertama)…

    demikian …

    Wasssalam

  32. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam… bu Nana…

    1. kalau putera ibu sudah selesai UN, sebaiknya segera saja mendaftarkan diri ke Gontor… tidak perlu menunggu waktu lagi.. kecuali jika masih ada proses ujian itu sendiri yang belum selesai… tentang ijazah, bisa menyusul… yang penting ada (1) akte kelahiran, (2) kartu keluarga), 3) KTP orang tua, (4) surat keterangan selesai sekolah, (5) memenuhi administrasi pendfataran…

    syarat-syarat lain bisa menyusul belakangan..
    kitu yang kami alami ketika putera kami juga mendaftarkan tahun lalu..

    Ibu bisa saja mendaftarkannya nanti 26 Juni 2012, tetapi putera ibu tidak akan punya persiapan cukup untuk testing… ketika para calon yang lain sudah turut bimbingan tes dan belajar pada saat sebelumnya, putera ibu bisa ketinggalan… ia hanya akan punya sedikit waktu untuk menyiapkan diri, mungkin ujian testing tinggal beberapa hari kemudian.. testing biasanya sekitar 10 syaban… artinya, kasihan putera ibu akan kekurangan persiapan… maka, sebaiknya jika sudah selesai proses ujian di sekolah, segera saja mendaftarkan diri… lebih cepat, lebih baik..

    tentang penempatan, itu ditetapkan oleh pondok sendiri… Tidak ada yang bisa memesan atau meminta agar anaknya ditempatkan di satu pondok tertentu… semuanya itu pondok yang menentukan, dengan melihat hasil testing mereka… penempatan itu berdasarkan prestasi dari hasil testing mereka juga…

    demikian…
    oh ya, memangnya ibu tinggal di daerah mana…?

    salam

    am

  33. zulaiqa rosyidahNo Gravatar says:

    terima kasih ustadz atas penjelasan nya, dan saya masih bingung dengan biaya persemester, apakah itu sudah termasuk dengan biaya bulanan? maksud saya spp & uang makan? dan untuk seragam apakah saya menyiapkan sendiri atau biaya yang pendaftaran sudah termasuk dengan seragam?

  34. nanaNo Gravatar says:

    waalaikum salam pa ustad.
    alhamdulillah dan terima kasih saya dapat jawaban yang juga saya sangat fahami isinya, saya tinggal didaerah jakarta utara tepatnya daerah tanjung priok. insya Allah kalau begitu saya akan meminta surat keterangan kelulusan dan secepatnya untuk berangkat ke ponorogo.
    o ya pa ustad, kalaulah boleh saya ingin juga bertanya, kira-kira transportasi saya menuju kesana bagaimana? rencananya saya akan berangkat dengan kereta api, bagaimana saya bisa menuju kesana, turun distasiun apa dan selanjutnya bagaimana. terima kasih banyak. wassalam

  35. nanaNo Gravatar says:

    waalaikum salam pa ustad.
    alhamdulillah dan terima kasih saya dapat jawaban yang juga saya sangat fahami isinya, saya tinggal didaerah jakarta utara tepatnya daerah tanjung priok. insya Allah kalau begitu saya akan meminta surat keterangan kelulusan dan secepatnya untuk berangkat ke ponorogo.
    o ya pa ustad, kalaulah boleh saya ingin juga bertanya, kira-kira transportasi saya menuju kesana bagaimana? rencananya saya akan berangkat dengan kereta api, bagaimana saya bisa menuju kesana, turun distasiun apa dan selanjutnya bagaimana. terima kasih banyak. wassalam

  36. adminNo Gravatar says:

    Untuk bu Nana…

    tentang transportasi, jika ibu berangkat menggunakan kereta api, ibu turun di stasiun Madiun.. Dari stasiu Madiun, biasanya ada ustadz Gontor atau santri Gontor kelas 6 atau 5 yang bertugas untuk mengatur penjemputan para calon santri. Mereka bisa dikenali dari ciri khasnya (rambut cepak, penampilan sebagaimana layaknya santri). Jika ibu bertemu mereka, ibu bisa ikut trayek mereka…

    Tetapi, jika ibu tidak bertemu mereka, ibu bisa naik mobil bus menuju terminal Ponorogo. Nanti, di terminal Ponorogo, ibu akan temukan ustadz atau santri kelas 6 atau 5 yang bertugas menjemput calon santri… Ibu bisa ikut mereka, naik trayek Ponorogo-Gontor yang sudah disiapkan…

    Selamat…

  37. adminNo Gravatar says:

    begini bu Zulaiqa..

    untuk KMI (tingkat SMP-SMU), pembayarannya bukan per smester, melainkan per bulan… Pembiayaan awal ketika daftar sudah termasuk biaya makan dan SPP-pondok untuk 1 bulan pertama… untuk bulan-bulan berikutnya, pembiayaannya adalah uang makan dan SPP-pondokan/asrama saja, yang pada tahun ini –untuk Gontor putra– sebesar: Rp 230.000 (uang makan) dan 210.000 (uang SPP dan pondokan asrama)..

    demikian bu..

    Selamat dan lancar ya bu…

    am

  38. eghe fauzyNo Gravatar says:

    ass wrb…
    pa ustad, saya ingin bertanya.. skrg saya sdh dikereta menuju gontor putera 2. sampai statsiun madiun jam 02:35wib pagi..
    kalau saya carter omprengan dari madiun menuju gontor 2, berapa tarif ongkosnya?
    mengingat saya bawa balita, saya juga tdk tau sama sekali lokasi nya..
    wassalam

  39. andyNo Gravatar says:

    As,,,,,
    Ustadzah,,,maaf mu tanya..saya rencana mau masukan anak putri saya ke gontor1,,
    Mulai bukanya kapan dan pendaftarannya..dan biyayanya berapa total keseluruhan

    Mohon di balaz

    Wasalm,,,,,

  40. agusNo Gravatar says:

    ass. pak ashoff dan bpk/ibu skalian, saya, tgl 19 Mei sdh mndaftarkan anak di gontor 2 putra, madusari siman ponorogo. prsyaratan mudah, hanya akte kelahiran, foto 4×6=4 lbr. 3×4=4 lbr, copy KTP org tua, surat keterangan dari sekolah bhw anak kita telah mengikuti ujian nasional. ijazahnya menyusul. biaya pendaftaran yaitu uang makan, spp, kasur tidur, seragam pramuka, dll sebesar Rp 3.980.00,-. Kita juga membeli barang2 prlengkapan sehari-hari dan utk belajarnya di koperasi pelajar. Untuk menyimpan barang2 tsb, santri diberikan hak pakai sebuah lemari kecil. Santri ditempatkan di sebuah kamar tidur besar, diisi sekitar 25 org santri. Kamar mandi terletak skitar 50 meter di belakang kamar tidur santri. Selanjutnya anak saya mengikuti tes baca quran dan imla di ruang 103. Hasilnya, mengaji quran di grade al quran 5. Ada juga temannya yg grade al quran 7. Ada jg yg iqra 5. Tergantung kemampuan anak kita. Kemudian ditempatkan di rayon palestina 107. Saat ini mengikuti pembekalan pelajaran di kelas B 10. seingat saya, ujian tgl 2 Juli dan diumumkan skitar 15 juli. Hasil ujian ini yg akan menentukan penempatan santri, apakah gontor 1 ponorogo, 3 kediri, 5 banyuwangi atau Gontor 6 megelang. Pada 20 ramadhan anak kita akan pulang ke rumah masing-masing. Pada 10 Syawal atau 28 Agustus akan kembali lagi dan langsung mendaftarkan diri di gontor mana ditempatkan/lulus. Bagi yg belum lulus akan ditempatkan kembali di gontor 2. Demikian informasi terkini.

  41. adminNo Gravatar says:

    wass.wr.wb..

    alhamdulillah, pak Agus telah masuk ke blog ini dan berkenan memberikan informasi terkini tentang pendaftaran dan ujian test masuk di KMI Gontor Putra… Informasi terakhir ini sangat bermanfaat dan memberikan kejelasan khususnya bagi para pencari informasi yang belum mendaftarkan anaknya ke Gontor… Dengan informasi dai pak Agus ini, semoga bapak-bapak dan ibu-ibu calon wali santri Gontor bisa mendapatkan informasi terakhir yang membantu persiapan mereka mendaftarkan putra-putrinya..

    Atas nama pengelola blog ini, kepada pak Agus, saya ucapkan terima kasih…

    Wassalam

    Ashoff Murtadha
    alumni Gontor 1991

  42. dikaNo Gravatar says:

    asalamualaikum
    ini saya masih smp kelas 2
    rencana setelah lulus saya akan masuk Gontor semoga saja niat saya ini terkabul aminn
    saya mau bertanya
    waktu berada di GONTOR 2 saat bimbel biayanya berapa?
    dan apakah jika setelah mengikuti ujian gelombang 1 tidak lulus dan gelombang 2 juga tidak lulus capel akan stay di gontor 2 berarti pelajar yang di gontor 2 itu masih capel donk dan belum belm mnjadi siswa gontor?

    terimakasih
    wasalamualaikum wr wb

  43. jezzy ramadhita qhadifahNo Gravatar says:

    Assalamu’alaikum WR.WB

    saya adalah santri lulusan Almawaddah 3, saya sekolah dsana 3 tahun, ketika saya lulus saya ingin sekali meneruska ke Pondok PEsantren Modern Darussalam Gontor Putri … tapi saya tidak di perizinkan, kemudian saya mencoba daftar ke SMA akselerasi amanatul ummah, tetapi juga berbasis pondok pesantren, Alhamdulillah saya di trima di sana, tapi saya tidak mengambilnya karena saya masih berniat besar untuk masuk ke Gontor putri di mantingan. kemudian saya daftar di MBI surabaya, dan saya juga alhamdulillah ketrima jurusan IPA, namun Saya juga tidak mengambilnya karena biaya masuknya mahal sekitar 70.000.000 3 tahun. setelah itu saya daftar ke SMA muhammadiya 1 Ponorogo, di sana lagi lagi saya juga di terima memakai jalur prestasi dan bebas biaya pendaftaran, setelh saya masuk dan mulai bersekolah di sana saya canggung dengan situasi, jarak antara perempuan dan laki laki yang tidak di batasi, mereka tidak mengenal aurot, bersentuhan dengan lawan jenis pun menjadi hal yang biasa di sana. ketika itu saya mengesal sekolah di sana, kemudian saya mendapat info kalau masih ada pendaftaran gelombang ke dua di gontor putri, kemudian saya minta restu orang tua untuk saya di ppindahkan ke sana, namun mereka malah melarang saya…
    dan sampai sekarang saya masih belum betah sekolah d SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. dan sesekali dua kali saya masih ingin sekali untuk pindah ke Pondok seperti saat saya masih SMP dulu… apa yang harus saya lakukan….
    apakan ustad bisa membantu sya untuk memcahkan hal seperti ini….

    sukron katsir ya ustad

    wassalamu’alaikum WR.WB

  44. fariedsNo Gravatar says:

    Ustad sya mau tanya….
    D gontor itu liburanya 1 thn skali a n klu bleh tau blan apa saja liburnya…..??

    Mohon d jawab

  45. adminNo Gravatar says:

    Liburan di Gontor ada dua waktu, yakni setelah ujian pertengahan tahun dan setelah ujian akhir tahun.

    Liburan pasca ujian pertengahan tahun pada bulan Mawlid, Rabiul Awwal, biasanya antara tanggal 11-20 Rabiul Awwal (sekitar 10 hari)

    Sedangkan liburan pasca ujian akhir tahun, mulai 21 Sa`ban hingga 10 Syawwal (sekitar 50 hari)…

    demikian pak..
    semoga bermanfaat

  46. Ezra RizkyNo Gravatar says:

    Assalamualaikum..

    Salam Sejahtera..saya mau tannya ustad,kalo Saya mau masuk ke GONTOR IX -Kalianda Lampung,saya harus daftar kemana & kalau saya ikut Tes Intensif kira” kena Biaya berapa

    Tolong Pencerahanyya

    Jazzakumullah

  47. adminNo Gravatar says:

    wa alaikum salam wr.wb..

    Setahu saya, untuk pendaftaran Gontor di luar Jawa, dilakukan di Gontor yang bersangkutan, misalnya Gontor IX Kalianda. Yang pendaftarannya dipusatkan di satu tempat, yakni Gontor Putera 2 dan Gontor Puteri 2 itu, untuk cabang-cabang Gontor yang ada di pulau Jawa.

    Untuk lebih jelasnya, termasuk pembiayaannya, Bapak bisa menghubungi langsung ke Gontor IX di Kalianda..

    Wassalam

  48. nindikasariNo Gravatar says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya mau tanya jika pendaftarn gelombang 2 itu kapan?Dan tempat pendaftarannya di mana?
    Dan apakah. Pendaftarannya sudah diatutup?
    Sekian dan terimakasih.
    Wassalamu’alaikum.

  49. tantyNo Gravatar says:

    assalamu’alaikum..
    saya ingin sekali masuk dan bersekolah di PM gontor ,tapi orang tua saya tidak mengizinkan karna ekonomi.
    apa yang harus saya lakukan.
    apakan ustad bisa membantu saya untuk memcahkan hal seperti ini?

    mohon bantuan nya ya :’)

    wassalam

  50. triasNo Gravatar says:

    assalamuallaikum…. pak, keponakan saya mau saya daftarkan dipesantren gontor. Tpi anaknya udah klas 1 SMK, apa bisa di lanjutin / mulai lg dr klas 1 SMA….? trma ksih.. wassalamuallaikum…

Leave a Reply

close